Perlunya Backup Data Oleh Pribadi

Melihat kasus dihapusnya blog A Fatih Syuhud Blogger Indonesia di Blogspot Blogger dimana menurut yang empunya Blogger bahwa Mas Fatih melanggar TOS mereka. Walaupun Mas Fatih mengatakan bahwa artikelnya original namun tetap dihapus dan penghapusan blog itu tanpa pemberitahuan dulu oleh empunya Blogger ke Mas Fatih.

Pelajaran yang menarik untuk di ambil oleh blogger maupun penikmat internet dari kasus tersebut adalah:

  1. Jika segala sesuatu yang free, sebagai penguasa adalah yang empunya tools tersebut. Terlepas apakah yang empunya bijaksana atau tidak.
  2. Kalau kasus mas Fatih,  empunya Blogger tidak memberitahu dulu namun jika dibandingkan dengan WordPress, empunya WordPress lebih bijak, seperti kasus blogger di WP ketika dia mempublish download e-book Harry Potter terakhir. Blog di disuspend namun dengan dukungan blogger lain akhirnya dibuka kembali namun post mengenai e-book tersebut harus dihapus.
  3. Walaupun free, namun hendaknya setiap post di WP ataupun tools blog lain lakukanlah backup sendiri karena menghindari kejadian serupa atau jika ada hal yang tidak disangka misal server down dan jika yang empunya tidak ada backup. Demikian juga jika kita membayar sebuah web hosting, tetap kita harus membackup data. Saya pernah lihat beberapa situs web hosting yang mengatakan bahwa tanggung jawab data ada di pemakai sepenuhnya sedangkan pihak penyedia atau penyelenggara hanya yang sebatas sistem namun ada juga yang bertanggung jawab sehingga benar benar dilakukan backup rutin.
  4. Apapun pekerjaannya yang mengharuskan orang untuk menampilkan atau membuat kembali sesuatu yang telah dibuat, maka diperlukan backup oleh diri pribadi masing masing ataupun suatu organisasi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: