Cuti Melahirkan Tidak Dibayar

Dalam Acara Oprah Show di metro tv beberapa hari yang lalu Oprah menampilkan bintang tamu Elizabeth Vargas.  Elizabeth adalah mantan anchor ABC World News Tonight dan kini menduduki co anchor ABC 20/20.

Elizabeth merupakan salah satu wanita yang menduduki posisi anchor ABC World News Tonight , ketika dia mengumumkan untuk cuti melahirkan dan mengundurkan diri sebagai anchor ABC World News Tonight banyak yang terkejut bahkan terjadi perdebatan dan ada yang juga menyatakan bahwa ini merupakan seuatu kemunduran bagi kaum wanita yang bekerja.

Untuk menduduki posisi sebagai anchor ABC World News Tonight, seorang anchor harus berada di stasiun tv dari mulai jam 9 pagi hingga 8 malam guna memantau terus apa yang terjadi di dunia yang akan disiarkan. Atas latar belakang pekerjaan inilah Elizabeth mengundurkan diri dari pekerjaannya supaya tidak ada masa kehilangan bagi bayinya yang kedua. Elizabeth rela meninggalkan posisi bergengsi tersebut demi kebahagiaan anaknya tersebut.

Amerika Serikat , Lesotho dan Swaziland dan satu lagi lupa, ini adalah empat negara yang tidak memberlakukan cuti melahirkan dimana saat cuti tidak digaji sama sekali sehingga Elizabeth mengatakan bahwa Amerika jauh sekali tertinggal dibandingkan negara Industri lainnya untuk hal cuti melahirkan.

Ketika ditanyakan kemudian apakah akan kembali lagi walau kemungkinan kecil kesempatannya, Elizabeth berkilah bahwa kemungkinan jika anaknya sudah masuk setidaknya TK maka dia akan kembali dan walau tidak ada kesempatan maka dia akan berusaha, mencari dan mendapatkan kesempatan itu.

Iklan

Satu Tanggapan to “Cuti Melahirkan Tidak Dibayar”

  1. daddy Says:

    itulah Amerika yang katanya mengagungkan demokrasi, persamaan hak dan non diskriminasi. Pada kenyataannya ada banyak hal yang tetap saja mereka patriatrikal.. Pernahkah US punya Presiden Perempuan? kenapa eh kenapa, itu karena mereka menganggap perempuan sebaiknya dirumah saja. Hanya karena faktor tekanan sosial saja mereka pada akhirnya merasa harus equal antara pria dan wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: