Mahalnya sebuah pendidikan

Bagi kebanyakan siswa jika diterima di perguruan tinggi terkenal merupakan dambaan dalam hidupnya. Tidak peduli apakah siswa berasal dari Indonesia maupun negara lainnya bahkan negara maju sekalipun seperti Amerika Serikat.

Dalam acara absolute 20/20 yang ditayangkan metro tv hari jum’at tanggal 27 juli 2007 diceritakan bahwa salah seorang calon mahasiswa yang bernama Jan Lee mempunyai nilai SAT 2400 ( saat wawancara dikatakan merupakan nilai tertinggi di Amerika ) tidak diterima di berbagai perguruan tinggi terkenal seperti Yale, Stanford, MIT dan perguruan tinggi terkenal lainnya. Setelah diselidiki ternyata yang menjadi dasar penolakan adalah karena kendala financial dari keluarga Jan Lee.

Untuk memasuki perguruan tinggi terkenal selain faktor financial juga dilihat dari apakah ada dari keluarga mereka entah ayah atau kakek merupakan alumni dari perguruan tinggi tersebut. Sebagai contoh presiden Amerika George Bush, keluarga Bush merupakan alumni dari Universitas Yale.

Ada istilah bagi siswa yang akan mendaftarkan ke perguruan tinggi yaitu pendaftar berkembang dimana yang termasuk kategori ini adalah siswa yang tidak menonjol dalam hal akademis namun dia termasuk dari golongan kaya, sebagai contoh Ralph Laurent. Selain karena financial dan pendaftar berkembang juga ada siswa yang diterima karena orangtuanya mempunyai pengaruh dan juga kekuasaaan.

Ternyata tidak peduli apakah negara berkembang maupun negara maju. Pendidikan yang layak dan bagus hanyalah dinikmati oleh orang orang dengan kondisi financial yang bagus. 

Tidak kuliah di perguruan tinggi terkenal bukan berarti akhir dari segalanya karena pada dasarnya yang diperlukan adalah kegigihan dari siswa yang bersangkutan dalam menggali potensi diri untuk maju atau tidaknya. Banyak sumber daya yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan diri misal perpustakaan, internet karena internet adalah dunia tanpa batas.

Jadilah orang kreatif untuk menjadi orang yang berpendidikan dan maju.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: