Jam

Jam ? ya jam.  Jam yang biasa kita pergunakan untuk melihat sudah berapa lama kita bekerja, beristirahat, kapan waktu makan dan banyak kegiatan lainnya yang membutuhkan keterangan waktu.

Sejak dahulu jam sudah dipergunakan untuk menunjukkan waktu hanya tidak semodern sekarang. Cukup dengan sebatang kayu dan ditancapkan ke tanah dapat melihat waktu yaitu dengan melihat ke arah mana bayangannya jatuh karena mengikuti gerakan matahari.

Kini jam diproduksi massal dan dapat dibawa kemana mana. Dengan harga yang bervariasi mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang jutaan. Mulai dari imitasi sampai dengan dilapisi emas murni. Terkadang jam dapat mempengaruhi kepada penampilan seseorang, misalnya jika seseorang yang menggunakan kendaraan mewah tentunya akan bersanding dengan jam yang mewah pula. Namun jika dia menggunakan yang murahpun atau dengan imitasi tidak akan kelihatan langsung hanya bagi orang orang yang tahu kualitas jam saja yang dapat mengetahui kalau jam yang digunakannya itu jam yang berkualitas rendah. Namun jam tetap jam, intinya tetap menunjukkan waktu walau bagaimanapun penggunanya berpakaian.

Rolex rolex 1

( gambar diambil dari  http://www.watchgeek.com/rolex_picture_gallery.htm

Beragam bentuk dapat kita lihat, ada bulat, kota seperti telepon, dengan hiasan burung dan beragam bentuk lainnya. Dengan kemajuan teknologi, jam yang dulu manual kini berformat digital, baik jam tangan, jam meja atau bahkan tampilan di layar monitor komputerpun sudah beragam.

Namun dari sekian bentuk tersebut ada beberapa yang tidak bisa dinikmati oleh sebagian manusia terutama bagi yang mempunyai keterbatasan. Misalnya jam digital, bagi orang buta jam digital merupakan jam yang tidak berguna karena tidak bermanfaat bagi dirinya walaupun harganya jutaan akan tetapi jam manual yang harganya lima puluh ribu berguna bagi dia karena dia bisa meraba jam berapa.

Keberadaan jam yang menunjukkan waktu sangat vital dengan letak geografis suatu daerah karena dapat menentukan kapan berperang seperti deklarasi perang oleh jepang terhadap amerika dan ternyata kabarnya terjadi perbedaan waktu sehingga terkesan jepang menyerang amerika tanpa deklarasi perang dulu. Dan juga ketika sepakbola piala dunia kalau tidak salah saat itu jerman melawan salah satu negara timur tengah, wasit membunyikan peluit pas ketika bola hampir masuk ke gawang jerman sehingga mendapatkan protes.

 Waktu tidak akan pernah kembali. Satu satunya hal yang tidak bisa diulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: