Kamu pakai baju kotak kotak, celana biru ?

Kamu pakai baju kotak kotak, celana biru ? Demikianlah salah satu cuplikan iklan soft drink ketika sang gadis menanyakan kepada lawan bicaranya untuk melakukan kencan buta ( kopi darat ).

Ketika si gadis yang sudah berada di tempat yang dijanjikan untuk bertemu mencoba mengingat gambaran pemuda itu namun ternyata lupa apakah sang pemuda menggunakan baju kotak kotak celana biru atau baju biru celana kotak kotak. Dia tidak konsentrasi ketika lawannya bicara sehingga ketika yang datang terlebih dahulu adalah pemuda yang tidak sesuai dengan yang dibayangkannya akhirnya lari, tapi sebenarnya pemuda berikutnya lah yang datang yang sesuai dengan percakapan telepon. Sehingga gagallah kencan buta tersebut gara gara lupa apa yang akan dikenakan sang pemuda.

Konsentrasi adalah salah satu bentuk pemusatan pikiran atas apa yang kita lakukan saat kita melakukan suatu kegiatan. Coba kita lihat para petenis, ketika petenis akan melakukan serve maka wasit meminta kepada para penonton untuk diam, hal ini dilakukan agar memberikan ruang dan waktu kepada para pemain untuk berkonsentrasi. Bahkan suara lenguhan yang keluar dari para petenis terkadang di protes karena dapat membuyarkan konsentrasi petenis lawan.

Demikian juga ketika kita sedang melakukan ujian yang sifatnya hidup atau mati, misal tes wawancara kerja atau ujian nasional, ketika sedang mengerjakan soal tiba tiba ada yang keluar ruangan dan sudah selesai maka bagi yang tidak konsentrasi akan berpengaruh karena saat itu terkadang dalam benak perserta lain yang keluar adalah yang pintar padahal belum tentu. Oleh karena itu sering panitia melarang peserta untuk meninggalkan tempat duduknya sebelum jam tes selesai walau peserta tersebut sudah selesai mengerjakan soal.

Konsentrasi bukan berarti lupa lingkungan sekitar seperti bertapa akan tetapi benar benar serius dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Untuk mendapatkan konsentrasi yang prima biasanya tubuh dalam keadaan fit dan biasanya orang melakukan meditasi bisa juga melakukan pengaturan nafas sehingga oksigen yang masuk paru paru dapat memperlancar peredaran darah ke otak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: