Tanda tangan sebagai alat marketing

Saya bukan orang marketing hanya saja saya melihat di acara televisi banyak yang datang ke restoran untuk makan makan baik dalam acara pribadi maupun kelompok melihat lihat  pigura-pigura yang memajang tanda tangan para artis dan/atau public figure yang datang ke restoran tersebut.  

Ada yang memajang pigura dengan jumlah sedikit dan juga ada yang banyak. Terkadang di televisi sang host dan co host dan terkadang juga pemilik restoran menunjukkan siapa siapa saja yang sudah datang dan ikut tanda tangan.  

Sebenarnya gak masalah sih dengan memajang pigura pigura tersebut selama memang restoran itu memang enak hidangannya dan layak untuk didatangi serta pelayanannya bagus. Kenapa nggak. 

Yang jadi masalah adalah jika tanda tangan itu diminta oleh pemilik restoran dengan memberikan fee atau gratis makan di restoran tersebut sedangkan makannya gak enak atau biasa biasa saja.  

Salah satu teknik pemasaran yang murah selain tanda tangan tersebut adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Teknik ini sering di gunakan oleh orang yang mendalami multi level marketing maupun network marketing. Teknik ini biasanya lebih ampuh apalagi jika yang merekomendasikan adalah  orang yang terpandang oleh pendengar. 

Jadi teknik mana yang mau dipilih ? dari mulut ke mulut, tanda tangan atau keduanya ? Terserah pemilik restoran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: