Tabung Haji

Tabung haji adalah bentuk tabungan haji yang dilakukan oleh suatu lembaga yang dinamakan Lembaga Tabung Haji. Lembaga Tabung Haji sendiri beralamat di Lembaga Tabung Haji, 201 Jalan Tul Razak, Peti Surat 11055, 50732 Kuala Lumpur, Malaysia dengan situsnya http://www.tabunghaji.gov.my    

Sebenarnya bentuk tabungannya itu sendiri tidak jauh beda dengan system tabungan haji yang diberlakukan di Indonesia hanya saja itu dilakukan oleh suatu lembaga yang dilakukan secara nasional. 

Di situs Lembaga Tabung Haji disebutkan bahwa kelebihannya adalah syiar Islam, halal, bonus yang kompetitif, dijamin oleh Kerajaan. Jika dibandingkan dengan salah satu bank syariah di Indonesia misalnya yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI)  http://www.muamalatbank.com   produknya sama hanya saja jika di Lembaga Tabungan Haji dijamin oleh Kerajaan sedangkan di BMI dijamin asuransi. 

Waktu itu pernah ada wacana bahwa bank bank yang menerima setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji ( BPIH )atau biasa disebut Bank Penerima Setoran ( BPS ) adalah bank syariah dan diciutkan menjadi beberapa saja. Namun hal ini sekarang gaungnya mulai gak ada. Apakah memang banyak kendala atau ada hal lain. Wallohu A’lam. Andaikan dipersempit sepertinya ingin meniru gaya Tabung Haji diMalaysia.  

Apapun bentuknya, seyogyanya selain ada keuntungan untuk Bank tersebut juga Bank memberikan pelayanan terbaik. Waktu itu pernah ada cerita bahwa ada calon jemaah haji yang  saat itu dia menjadi calon jemaah haji waiting list. Ketika pelunasan sudah tutup maka disebarkan  ke bank-bank untuk mendaftarkan calon jemaah hajinya  dan pada saat itu pula Bank tersebut (Bank Syariah Mandiri)menelpon kepada para nasabahnya untuk segera melunasi supaya dapat porsi.  

Hal seperti diatas adalah salah satu bentuk komitmen BPS untuk lebih melayani calon jamaah haji yang umunya sudah tua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: