Tanda Tangan

Tanda tangan adalah sebuah bukti identitas dari seseorang. Berbagai bentuk tanda tangan dapat kita lihat. Ada yang kelihatannya susah untuk ditiru ada juga yang kelihatannya mudah untuk ditiru.  

Terdapat perbedaan budaya pelaku tanda tangan. Kalau kita perhatikan tanda tangan masyarakat Indonesia pada umumnya adalah seperti sesuatu yang semrawut. Coba perhatikan saat mereka tanda tangan. Tangan digerakkan seperti dengan gerakan yang lumayan banyak berbeda jika orang barat yang melakukan tanda tangan. 

Perbedaan yang signifikan adalah pada bentuknya. Orang barat pada umunya adalah nama dijadikan sebagai tanda tangan sedangkan masyarakat Indonesia “seperti” seenak hati ketika membuat suatu tanda tangan walaupun bagi yang empunya tanda tangan itu sangat berarti bagi mereka. 

Pengalaman dari ayah penulis ketika menggunakan nama sebagai tanda tangan. Ada orang yang mencoba untuk menipu dengan memalsukan tanda tangan untuk mengambil uang di Bank, sangat persis hasilnya, menurut pengakuan petugas bank yang kebetulan mengenal ayah penulis. Bayangkan jika petugas tersebut tidak mengenali nama ayah penulis, wajah dan terutama adalah tanda tangan. (Terima kasih pada petugas bank yang bertugas saat itu semoga beliau dan anak keturunanya mendapat berkah yang melimpah dari Alloh, aamiin). Ayah penulis tidak menceritakan bagaimana tindakan bank terhadap orang tersebut yang jelas semenjak itu ayah penulis mengganti tanda tangannya dengan menggunakan huruf steno (steno=huruf yang biasanya digunakan oleh para wartawan). Sebenarnya tanda tangan ayah penulis nama juga hanya bentuknya saja yang berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: